Alasan Bisnis Online Membutuhkan Sistem Pembayaran Kartu Kredit

July 7, 2023
Alasan Bisnis Online Membutuhkan Sistem Pembayaran Kartu Kredit SHOPLINE Payment
Alasan Bisnis Online Membutuhkan Sistem Pembayaran Kartu Kredit
  1. Memicu konsumen membeli lebih banyak produk
  2. Kartu kredit lebih aman
  3. Meningkatkan pengalaman pembeli

Banyak bisnis baru mungkin membuat kesalahan dengan membatasi opsi pembayaran mereka, seperti melarang kartu kredit demi opsi seperti transfer bank, uang tunai, dll., untuk arus kas langsung dan biaya pemrosesan yang lebih rendah. Meskipun dapat menghemat biaya bisnis di awal, hal ini pasti akan membuat pelanggan tidak mampu membayar dengan metode pilihan mereka.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa pembeli yang tidak dapat membayar dengan metode pilihan mereka berisiko tinggi meninggalkan keranjang belanja. Tidak hanya itu, 56% dari mereka mungkin tidak akan kembali ke website tersebut.

Secara global, lebih dari 40% pelanggan lebih suka membayar dengan kartu kredit. Karena pembayaran dengan kartu kredit aman, mudah, dan cepat, ini telah menjadi salah satu metode pembayaran paling populer, terutama untuk bisnis online. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa alasan bisnis online membutuhkan sistem pembayaran kartu kredit agar praktis, serta beberapa praktik terbaik dalam melakukannya. 

1. Memicu konsumen membeli lebih banyak produk

Pembelian kartu kredit lebih cenderung menghasilkan ukuran keranjang yang lebih besar daripada pembayaran langsung atau transfer bank. Secara umum, bisnis cenderung mengalami peningkatan penjualan sebesar 20% saat mereka menawarkan kemampuan membayar dengan kartu kredit. Pelanggan cenderung lebih suka menggunakan kartu kredit untuk kenyamanan, dan akan menggabungkan sebagian besar pembelian mereka dengan kartu kredit untuk kenyamanan, kemampuan untuk menunda arus kas, dan poin reward.

Menawarkan pembelian dengan kartu kredit kemungkinan akan menjadi faktor penentu utama dalam mengonversi pelanggan ini, karena mereka mungkin akan memutuskan untuk tidak melakukan pembelian dalam jumlah besar jika mereka tidak dapat memperoleh poin hadiah atau penundaan arus kas.

2. Kartu kredit lebih aman 

Penting untuk memastikan pengalaman berbelanja yang positif bagi pelanggan Anda jika Anda ingin mereka melakukan pembelian berulang. Bagi pelanggan, keuntungan besar menggunakan kartu kredit untuk pembelian online adalah perlindungan penipuan. Ini berarti pembeli dapat dengan mudah menghentikan pembelian atau bahkan membatalkan kartu mereka jika kemungkinan terjadi penipuan. 

Terutama untuk pelanggan yang melakukan pembelian pertama, membiarkan mereka membayar dengan kartu kredit mereka akan memberi mereka rasa aman, dibandingkan dengan hanya menawarkan opsi pembayaran langsung sebelum Anda membuktikan diri kepada mereka sebagai bisnis yang andal dan dapat dipercaya.

3. Meningkatkan pengalaman pembeli

Saat Anda membeli produk, apakah Anda ingin diarahkan ke beberapa halaman dan bagian yang berbeda untuk menyelesaikan pembelian? Kemungkinan jawabannya adalah tidak.

Jika pelanggan Anda dapat menyelesaikan pembelian mereka dari satu halaman, seperti pada kebanyakan pembelian dengan kartu kredit, hal ini akan mengurangi waktu yang diperlukan untuk membeli dan merupakan pengalaman pembelian yang positif bagi pelanggan.

Ini pasti mengarah ke poin kita berikutnya.

4. Mengurangi Gesekan di Sales Funnel

Setiap pemasar yang baik akan memberitahu Anda bahwa membuat pengalaman pengguna yang mulus dengan langkah yang sedikit adalah langkah yang menguntungkan.  Membuat proses pembayaran Anda menjadi rumit dengan mengalihkan pelanggan ke website yang berbeda (dalam contoh transfer bank, faktur, dll.,) sering kali akan menghasilkan tingkat konversi yang menurun drastis.

Jika Anda dapat menggabungkan pembayaran di website e-commerce Anda dengan menawarkan beberapa metode pembayaran, kemungkinan besar pelanggan Anda yang puas akan meningkatkan ukuran keranjang mereka dan akan cenderung mengunjungi website e-commerce Anda kembali.

 

Praktik Terbaik

1. Pilih Penyedia Pembayaran Terpercaya

Pemilik bisnis mungkin juga gentar dengan kesulitan yang dirasakan dalam menyiapkan pembayaran kartu kredit untuk toko mereka. Namun, jika Anda menggunakan solusi eCommerce seperti SHOPLINE, Anda tidak perlu khawatir untuk menyiapkan akun pedagang atau memilih sistem penyedia pembayaran eCommerce. Platform semacam itu memiliki pemroses pembayaran bawaan dan sebagian besar menerima semua kartu kredit utama.

Ini membuatnya lebih mudah untuk mendaftar ke opsi pembayaran kartu kredit, dan biaya yang harus dibayar lebih sedikit. Di dalam SHOPLINE, kami menawarkan opsi pembayaran kartu kredit dengan menggunakan SHOPLINE Payment.

2. Putuskan Bagaimana Anda Ingin Menangani Biaya Transaksi

Banyak pedagang dapat ditunda oleh biaya transaksi yang dikenakan oleh perusahaan kartu kredit yang berpotensi memakan margin mereka. Namun, banyak bisnis menyiasatinya dengan memberikan biaya pemrosesan kepada pelanggan jika mereka memilihnya sebagai opsi pembayaran yang diinginkan (pelajari lebih lanjut di sini), menaikkan harga produk sedikit untuk memperhitungkan biaya, atau membagi biaya dengan pelanggan.

Di SHOPLINE, kami membanggakan biaya pemrosesan pembayaran yang rendah sebesar 2,99%, yang memungkinkan Anda untuk menawarkan harga terbaik kepada pelanggan Anda tanpa berdampak signifikan pada margin Anda. Pelajari lebih lanjut tentang opsi pemrosesan SHOPLINE Payment di sini.

Lihat bagaimana biaya kartu kredit SHOPLINE (dan fitur lainnya) dibandingkan dengan Shopify:

Beda Shopline dan ShopifyInstagram @shoplineapp.id

3. Perhatikan Tren Pembayaran Lokal

Lihat tren pembayaran lokal yang terjadi di pasar dan tambahkan opsi pembayaran tambahan untuk dipilih pelanggan Anda. Tidak ada salahnya untuk menyediakan opsi pembayaran tambahan demi untuk memenuhi kepuasan konsumen.

Kesimpulan:

Membuat perjalanan pelanggan semulus mungkin adalah kunci sukses di setiap bisnis eCommerce. Ini terutama berlaku untuk proses checkout, di mana opsi pembayaran yang ditawarkan kepada pelanggan dapat menjadi faktor penentu yang sangat besar dalam menyelesaikan pembelian. Saat membuat website e-commerce, memiliki beberapa opsi pembayaran adalah cara yang bagus untuk mengakomodasi berbagai pelanggan dan pada akhirnya mengurangi pengabaian keranjang belanja.

Dengan gateway pembayaran yang aman, SHOPLINE Payment mendukung verifikasi 3D dan sesuai dengan standar PCI DSS. Pelajari lebih lanjut tentang SHOPLINE Payment dan opsi pembayarannya di sini.