Bagaimana Metode pembayaran online efektif untuk meningkatkan penjualan website?

June 22, 2023
SHOPLINE Payment

Bagaimana Metode pembayaran online efektif untuk meningkatkan penjualan website?

  1. Menarik market yang lebih luas
  2. Sesuaikan metode pembayaran pilihan pelangganm
  3. Menawarkan metode pembayaran online

Konsumen saat ini sangat menuntut dalam hal pengalaman checkout yang bebas repot, terutama di pasar yang sangat kompetitif, Anda ingin pelanggan bisa melakukan checkout dengan cepat. Sebagai pemilik bisnis, Anda menghabiskan cukup banyak waktu untuk menyempurnakan situs web Anda dan kemudian memasarkan produk Anda, tetapi penjualan Anda tetap rendah. Sayangnya, kenyataannya kegagalan bisnis adalah hal biasa – seringkali, bisnis baru gagal dalam 90 hari pertama jika mereka tidak tahu cara meningkatkan konversi dengan cepat sambil menjaga biaya tetap rendah.

Setiap bisnis eCommerce selama musim penjualan akan menghabiskan banyak uang untuk berinvestasi dalam iklan berbayar untuk produk atau layanan Anda. Banyak bisnis berupaya menyempurnakan diskon dan iklan mereka, tetapi mereka gagal menguasai proses menciptakan pengalaman belanja pelanggan yang sederhana dan luar biasa. Apakah Anda tahu berapa banyak pelanggan yang mengabaikan pesanan mereka karena metode pembayaran pilihan mereka tidak diterima?

Menarik demografis market yang lebih luas

Menerima kartu kredit dan metode pembayaran populer lainnya dengan penyedia pembayaran terpercaya akan sangat penting untuk menarik market yang lebih luas. Digitalisasi dan pandemi telah mengubah cara kita berbelanja, dan cara kita membayar secara online. Meskipun pembayaran digital dengan cepat menjadi pembayaran pilihan di dunia, mata uang keras masih menjadi bagian penting dari pembayaran global. Menurut Visa, preferensi orang Singapura yang semakin meningkat untuk pembayaran tanpa uang tunai juga mempengaruhi cara mereka berbelanja.

Sesuaikan metode pembayaran pilihan pelanggan

Tingkatkan konversi saat Anda menyederhanakan proses checkout dengan metode pembayaran online pilihan mereka:

- Minimalkan pengabaian keranjang

Jika bisnis Anda mengalami banyak keranjang yang diabaikan. Menurut statistik, 9% konsumen meninggalkan keranjang mereka karena terbatasnya jumlah metode pembayaran online.

- Maksimalkan konversi

Alasan terbesar untuk menawarkan beberapa opsi pembayaran adalah karena hal itu akan membantu memaksimalkan tingkat konversi Anda. Beberapa metode pembayaran dapat membantu meningkatkan nilai keranjang rata-rata (ABV).

- Sederhanakan proses checkout

Menyediakan beberapa metode pembayaran juga membuat proses pembayaran menjadi mudah bagi pelanggan Anda. Mereka mungkin menyimpan detail kartu mereka untuk digunakan untuk pembayaran dan dapat dengan mudah bertransaksi dengannya dalam hitungan detik yang mengurangi tingkat pengabaian keranjang.

- Menarik audiens yang lebih luas

Jenis pelanggan yang berbeda memiliki preferensi yang berbeda untuk membeli sesuatu secara online. Sangat penting bagi setiap bisnis untuk memaksimalkan peluang konversinya dengan melayani semua preferensi pelanggan yang berbeda.

Menawarkan Metode Pembayaran Online

Dari dulu hingga sekarang, jumlah cara orang dapat melakukan pembayaran online juga beragam. Dulu, teknologi belum maju dan untuk menawarkan pembayaran, bisnis menggunakan metode seperti Cash On Delivery (COD) dan transfer bank untuk menerima uang atas barang dan jasa yang ditawarkan. Metode ini tidak memerlukan gateway pembayaran sebagai perantara, dan bisnis harus melacaknya secara manual.

Seiring berjalannya waktu, metode pembayaran online telah berevolusi untuk dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen pesanan Anda sehingga saat pembayaran diproses, pesanan akan diperbarui sebagaimana mestinya. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis, SHOPLINE memberi Anda fleksibilitas untuk mengaktifkan metode pembayaran terintegrasi dan tradisional.

— 

Metode Pembayaran Terintegrasi:

SHOPLINE Payment

Kartu kredit

E-Wallet (Shopee Pay, Dana, LinkAja, OVO)

Atome (Beli Sekarang, Bayar Nanti)

Metode pembayaran tradisional dan tidak terintegrasi:

Bayar di tempat

Transfer Bank Manual

Meskipun transfer bank manual tidak membebankan biaya transaksi atau pemrosesan, bisnis harus memastikan setiap pembayaran telah dilakukan dan merekonsiliasi pembayaran secara manual setiap bulan dan ini menimbulkan biaya bagi bisnis.

Ketika sebuah bisnis hanya mengandalkan pembayaran yang tidak terintegrasi, mereka menghadapi risiko penipuan pembayaran. Dalam menjalankan bisnis online apapun, memiliki keamanan data transaksi harus menjadi prioritas utama. Pada tahun 2021, sekitar $20 miliar kerugian e-commerce dilaporkan sebagai penipuan pembayaran online. Negara-negara di Asia-Pasifik adalah yang paling rentan terhadap penipuan e-commerce, dengan hilangnya pendapatan sebesar 4% dari pendapatan merek.

Manfaat pembayaran terintegrasi:

  • Hindari penipuan pembayaran
  • Ciptakan proses checkout yang nyaman dan cepat
  • Mengumpulkan data dengan persetujuan pelanggan
  • Menciptakan tingkat kepercayaan dan pengenalan merek yang tinggi di kalangan konsumen
  • Hemat waktu dan uang dari tenaga kerja manual

Apa itu SHOPLINE Payment?

SHOPLINE Payment adalah cara termudah untuk menerima pembayaran online untuk website e-commerce SHOPLINE Anda. Ini memungkinkan bisnis menerima sebagian besar metode pembayaran populer, termasuk E-Wallet (Shopee Pay, Dana, LinkAja, OVO), Debit Card, dan Credit Card. 

Paket yang berbeda menikmati biaya transaksi yang berbeda saat Anda menggunakan SHOPLINE Payment.

Biaya transaksi SHOPLINE Payment :

Biaya transaksi SHOPLINE PaymentInstagram @shoplineapp.id

Menyempurnakan opsi pembayaran Anda

Secara keseluruhan, memiliki beberapa opsi pembayaran untuk pembeli memberikan hasil positif bagi bisnis dan pelanggan mereka. Mengizinkan pelanggan Anda membayar melalui metode pembayaran pilihan mereka dapat meningkatkan pengalaman berbelanja, mengurangi pengabaian keranjang, dan meningkatkan konversi penjualan.

Selain itu, untuk bisnis apa pun yang menjual secara online, sangat penting untuk meniru pengalaman belanja ritel dan menerima beberapa opsi pembayaran. Saat Anda memberi pelanggan Anda lebih dari satu opsi pembayaran, itu menawarkan kenyamanan, keterjangkauan, dan keamanan kepada mereka.

Ingat, bukan hanya produk yang membuat pelanggan datang kembali, tetapi pengalaman yang mereka dapatkan saat membelinya.

Mulai aktifkan SHOPLINE Payment sekarang!