Definisi B2B dan Cara Meningkatkan Platform E-commerce B2B

June 14, 2023
Definisi B2B dan Cara Meningkatkan Platform E-commerce B2B SHOPLINE

B2B adalah kepanjangan dari Business to Business yang berarti kegiatan transaksi bisnis yang melibatkan 2 perusahaan atau lebih. 

Industri ecommerce B2B telah menjadi bagian integral dari bisnis modern dan organisasi bergerak cepat secara online untuk menumbuhkan basis pelanggan mereka dan memperluas operasi mereka. Dengan tujuan membedakan diri mereka dan berkembang di antara para pesaing, lebih banyak bisnis mulai mengidentifikasi strategi baru untuk memastikan platform e-commerce B2B yang ramah pengguna dan efisien. Pada artikel ini, kami akan membahas lima cara penting untuk meningkatkan platform e-commerce B2B Anda untuk kinerja bisnis yang lebih baik.

Cara Meningkatkan Platform E-commerce B2B

1. Tambahkan Deskripsi Produk dan Layanan Terperinci ke Website e-commerce Anda

Deskripsi produk dan layanan terperinci adalah elemen penting yang berkontribusi pada platform e-commerce B2B yang sukses. Memberikan informasi yang akurat dan lengkap tentang produk atau layanan Anda membantu pelanggan membuat keputusan pembelian yang tepat. Dengan memasukkan gambar dan video produk berkualitas tinggi, serta spesifikasi dan fitur yang informatif, pelanggan akan lebih percaya pada Brand Anda, yang mengarah ke pembelian berulang.

2. Opsi Pencarian Di Tempat yang Mudah

Platform e-commerce B2B biasanya hadir dengan rangkaian produk yang luas. Terlepas dari banyaknya variasi yang tersedia untuk dipilih, masih bisa menjadi hal yang menakutkan bagi pelanggan untuk menemukan dengan tepat apa yang mereka cari. Ini adalah saat opsi pencarian di tempat yang mudah menjadi berguna. Ini memungkinkan pelanggan untuk menemukan produk yang mereka butuhkan dengan lebih cepat dan efisien. Yang harus mereka lakukan hanyalah mencari barang yang mereka inginkan di bilah pencarian yang ditempatkan di beranda atau menu navigasi atas. Selain itu, ada juga opsi filter dan pencarian khusus kategori, dan fitur berguna lainnya untuk memastikan pengalaman pelanggan yang lebih lancar.

3. Publikasikan Feedback/Ulasan Pelanggan

Feedback pelanggan memainkan peran besar dalam membangun platform e-commerce B2B yang kuat. Tidak hanya membangun kredibilitas situs Anda, ulasan dan feedback pelanggan juga membangun kepercayaan dengan calon pelanggan. Umpan balik positif berfungsi serupa dengan kata-dari-mulut / word-of-mouth, meyakinkan pembeli potensial bahwa produk dan layanan Anda layak untuk diinvestasikan. Di sisi lain, feedback negatif juga dapat membantu bisnis meningkatkan penawaran mereka.‍

4. Berikan Opsi Pembayaran Berbeda

Setiap pelanggan memiliki opsi pembayaran pilihan mereka sendiri, sehingga memiliki berbagai metode pembayaran dapat menarik lebih banyak individu. Melalui SHOPLINE Indonesia, tersedia beberapa gateway pembayaran yang tersedia bagi pelanggan untuk menikmati proses checkout yang nyaman, seperti transfer bank, kartu kredit, dan lainnya. Ini membuat proses pembelian lebih mudah diakses, memastikan pengalaman berbelanja yang bebas repot.

5. Pengoptimalan Platform Seluler

Seiring kemajuan teknologi dalam lanskap digital saat ini, mayoritas pelanggan mengandalkan smartphone untuk menjelajah dan berbelanja online. Ini menunjukkan pentingnya mengoptimalkan platform e-commerce B2B Anda untuk perangkat seluler. Desain situs yang ramah seluler dengan fitur responsif memastikan bahwa pelanggan dapat mengakses situs Anda dengan cepat dan mudah, apa pun perangkatnya. Misalnya, pengecer yang menjual pakaian secara online harus membuat aplikasi seluler khusus untuk platform e-commerce mereka, memungkinkan pelanggan mengakses layanan dan produk mereka dengan lebih cepat.

Pelajari lebih lanjut: SHOPLINE Indonesia mendukung Bisnis B2B

Dengan menggabungkan 5 tips yang disebutkan di atas, bisnis dapat tetap relevan dalam strateginya untuk berhasil di pasar yang kompetitif ini. Mengoptimalkan platform e-commerce B2B Anda serta meningkatkan pengalaman pelanggan, yang pada akhirnya meningkatkan penjualan dan pendapatan.

SHOPLINE Indonesia memudahkan Anda membuat website e-commerce. Platform perdagangan terpadu kami yang mudah membantu bisnis membangun dan menumbuhkan kehadiran online dan offline. Ingin meningkatkan operasi e-commerce Anda? Jangan ragu untuk berbicara dengan konsultan kami atau langsung uji coba gratis sekarang!

Instagram @shoplineapp.id