Tips Marketing Selama Musim Piala Dunia 2022

December 14, 2022

Piala Dunia 2022 menghadirkan peluang marketing bagi yang ingin memanfaatkan fenomena budaya yang masif. Diperkirakan 5miliar orang di seluruh dunia yang menonton acara olahraga sepak bola ini dengan brand seperti Coca-cola, Budweiser, dan Adidas memanfaatkan perhatian ini.

Piala Dunia tahun ini di Qatar telah dimulai pada bulan November adalah pertama kalinya turnamen besar diadakan di akhir tahun dan merupakan acara olahraga internasional besar kedua sejak penguncian Covid-19. Kombinasi acara ini dengan puncak musim liburan berarti bahwa Brand memiliki kesempatan untuk terlibat dengan audiens mereka dan mendorong penjualan. 

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi bagaimana brand dapat ikut serta dalam permainan selama musim Piala Dunia 2022 dengan praktik terbaik yang akan membantu Anda menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan penjualan selama bulan perayaan.

Tips Mempromosikan Brand Anda Selama Musim Piala Dunia

1. Buat Promo yang Relevan 

Sementara orang dari seluruh dunia akan menonton Piala Dunia, Brand perlu menempatkan diri pada posisi penggemar sepak bola dan menyesuaikan materi marketing mereka agar sesuai dengan trend. Beberapa cara mudah untuk membuat konten yang relevan bagi penggemar termasuk menanggapi momen viral pada permainan Piala Dunia dan merayakan kemenangan tim. Brand juga dapat menggunakan ekspresi sepak bola seperti “skor” dan “gol” serta elemen visual seperti bola, lapangan, dan peluit. Elemen-elemen ini dapat digunakan di seluruh website, offline retail, dan materi promosi dengan cara kreatif untuk menarik penggemar sepak bola. 

2. Gunakan beberapa Channel

Sambil menonton Piala Dunia di TV atau layanan streaming, penonton juga mendiskusikan game di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok dan mengobrol di WhatsApp. Untuk menjangkau audiens ini, Brand perlu mengambil pendekatan multi-channel. Misalnya, Brand dapat menggunakan Instagram dan TikTok untuk membuat video pendek terkait sepak bola untuk membuat audiens bersemangat. Dengan cara ini, melibatkan pemirsa dengan iklan dan konten yang dapat dibeli di seluruh platform dimana dapat meningkatkan brand awareness hingga penjualan. 

3. Waspadai Risikonya

Piala Dunia Qatar 2022, adalah salah satu kontroversi dengan berbagai tuduhan pelanggan hak asasi manusia yang berpusat pada perlakuan pekerja migran dan masalah LGBTQ. Dengan audiens global piala dunia, Brand perlu melangkah dengan hati-hati saat melakukan marketing pada audiens – dengan mempertimbangkan audiens lokal. Pastikan bahwa marketing sejalan dengan nilai Brand dan nilai audiens. Marketing seputar acara ini harus memiliki tujuan dan ketegasan, Apakah Brand memilih untuk menyebutkan masalah atau menahan diri untuk mengatasinya. 

Bagaimana cara SHOPLINE Indonesia dapat membantu Anda selama Musim Piala Dunia?

Untuk membantu Brand secara marketing, SHOPLINE Indonesia menawarkan marketing automation tools yang dapat mendukung penjangkauan omnichannel Anda, yaitu;

Smart Push adalah automation tools, untuk promosi multichannel termasuk email marketing, SMS, Facebook, Instagram, Snapchat, dan WhatsApp. Brand cukup menggunakan sistem drag-and-drop dalam membuat campaign dengan pesan yang sesuai dengan brand identity. Pada saat yang sama, Brand juga dapat secara mudah mengimpor data pelanggan dan mengelola campaign penjangkauan berdasarkan segmen dan kondisi individual konsumen. 

Instagram @shoplineapp.id

Ingin meningkatkan upaya marketing online Anda? Kami sangat merekomendasikan menggunakan SHOPLINE Indonesia untuk mengembangkan dan menskalakan Brand Anda. SHOPLINE Indonesia, mudah digunakan, cocok untuk pemula, dan sangat terjangkau. Daftar coba gratis 14 hari untuk memulai!