Cara membuat website sendiri tanpa coding untuk bisnis Anda

May 17, 2023
Cara membuat website sendiri tanpa coding
  1. Temukan pasar / niche market 
  2. Sumber produk
  3. Daftarkan nama domain
  4. Pilih platform e-commerce yang tepat 
  5. Buat website e-commerce 
  6. Pilih tema desain
  7. Gunakan SEO dan Iklan berbayar untuk tingkatkan traffic 
  8. Gunakan Email Marketing dan Influencer Marketing 

Apakah anda pernah memiliki ide bisnis tapi tidak tahu harus mulai darimana? Sekarang adalah waktu untuk mengejar impian Anda. Ikuti panduan langkah ini dan pahami apa yang penting untuk memulai bisnis online. Kami akan merinci langkah-langkah untuk membuat toko online Anda dalam waktu singkat, termasuk menemukan segmentasi pasar, mencari produk yang tepat, memilih platform e-commerce yang tepat, dan memasarkan merek Anda ke seluruh dunia.

1. Temukan pasar / niche market 

Anda tidak bisa mengharapkan produk Anda menarik bagi semua orang. Sebaliknya Anda harus menemukan segmen pasar yang difokuskan.Penting untuk memilih niche market yang Anda sukai dan tidak terlalu jenuh dengan pesaing, baik itu pakaian, makanan, atau produk lainnya. 

Hal apa yang membuatmu tertarik? 

Misalnya, jika Anda seorang perancang busana yang ingin memulai merek fesyen, Anda dapat membuka toko online yang mengkhususkan pada koleksi Anda sendiri dan menjualnya kepada orang-orang yang akan menyukai desain Anda. Jika Anda adalah penggemar fashion vintage dan sangat menyukai desain yang unik, Anda bisa membuka toko fashion vintage online. Gairah Anda akan membuat seluruh perjalanan bisnis Anda lebih menyenangkan.

2. Sumber Produk

Banyak platform online yang dapat Anda temukan seperti, Shopee, Lazada, Tokopedia, dll. Anda juga dapat mengunjungi pameran untuk bertemu pemasok dan melihat apa yang mereka tawarkan secara langsung. 

Selain itu, beberapa pemasok juga bisa menjadi dropshippers. Sebagai metode sumber produk investasi rendah, dropshipping telah berkembang dengan otomatisasi dan fleksibilitas tingkat tinggi tahun ini. 

Apapun yang Anda pilih untuk membeli stok, memilih dropshipping, atau mendapatkan produsen untuk memproduksi produk Anda, sangat penting untuk mengambil hati pelanggan Anda. Oleh karena itu, ada tiga hal yang perlu Anda pikirkan saat memeriksa pemasok:

Kualitas produk

Apakah kualitas produk sesuai dengan standar merek Anda? Selalu ada baiknya meminta beberapa sampel sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana tampilan dan nuansa produk.

Untuk dropshipping, Anda juga bisa mencari stok berkualitas melalui aplikasi bernama KakaClo. KakaClo hanya menyediakan produk fesyen yang telah melalui kontrol kualitas yang ketat sehingga produk Anda dapat menonjol di antara pesaing Anda.

Tingkat Dukungan

Apakah Anda akan memiliki titik kontak untuk berkomunikasi secara teratur? Pastikan Anda melakukan percakapan dengan mereka terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan Anda akan memiliki kerjasama yang lancar dengan mereka.

Ulasan dan Peringkat Pemasok

Apakah mayoritas klien memuji pemasok dan produk mereka? Periksa ulasan secara online sehingga Anda tahu apa yang diharapkan dari pemasok sejak awal.

3. Buat website e-commerce 

Setelah mengetahui sumber produk Anda, Anda perlu memilih platform e-commerce yang tepat untuk toko online Anda. Jika Anda tidak memiliki pengalaman desain web dan coding, itu bukan masalah, karena Anda dengan mudah bisa membuat website sendiri yang terlihat profesional di platform seperti SHOPLINE Indonesia dengan tema gratis dan fungsi drag-and-drop. Satu-satunya hal yang perlu Anda pastikan adalah bahwa Anda sudah menyiapkan logo dan gambar produk.

Mengatur hosting dan domain

Anda dapat mengatur hosting dan domain sesuai pilihan Anda di beberapa tempat seperti GoDaddy, Niagahoster, dll. Dengan menggunakan kustomisasi domain, akan memaksimalkan pengaturan SEO untuk website Anda. 

Pilih Tema Desain

Akan lebih mudah untuk memilih tema atau template yang dapat disesuaikan sesuai kemauan Anda. Ada lebih dari 20 tema gratis di SHOPLINE Indonesia. Jika Anda adalah pengguna SHOPLINE, Anda juga dapat meningkatkan konversi toko dengan memanfaatkan beberapa fitur tema eksklusif seperti bagan ukuran, palet warna, serta filter lainnya. 

Instagram @shoplineapp.id

Berikut adalah beberapa rekomendasi Aplikasi dari SHOPLINE yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kinerja toko online Anda. 

1) Gunakan gambar berkualitas tinggi : foto produk, foto model, dll. Anda dapat menggunakan Zhuge Creative untuk mengedit dan menggunakan kembali gambar produk dengan cepat menjadikan spanduk situs web yang menyeragamkan gaya situs Anda.

2) Berikan deskripsi produk yang jelas dan singkat. Anda dapat menggunakan aplikasi Product Filter & Color Swatch untuk membuat contoh warna untuk pemilih varian sehingga pelanggan Anda dapat memahami produk Anda. 

3) Jadikan seluruh website terlihat menarik secara estetika dan responsif di semua perangkat. 

4) Tawarkan banyak opsi pembayaran yang populer ke pelanggan. Dengan SHOPLINE Payment Anda bisa menawarkan banyak banyak metode pembayaran populer seperti Debit, Credit Card, QRIS, E-Wallet (Gopay, ShopeePay, dll)

5) Menggunakan aplikasi dari SHOPLINE App Store untuk meningkatkan, seperti Upsell & Bundle, Wishlist, Formulir & Pop-Up, Variants Combination, Product Recommendation, dll. 

6) Tulis posting blog untuk berbagi cerita tentang Bisnis Anda sekaligus bisa memaksimalkan SEO website Anda. 

Untuk menelusuri SHOPLINE App Store lebih lanjut : https://apps.shopline.com/?lang=en

4. Pasarkan website Anda dan tingkatkan bisnis Anda

Setelah Anda menyiapkan toko dan produk, selanjutnya adalah memasarkan website untuk meningkatkan penjualan Anda. Pemasaran adalah topik yang sangat besar, tapi Anda dapat memulai dengan beberapa metode umum namun efektif. 

SEO

Mulai mengerjakan SEO dan buat peringkat website Anda lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari sehingga lebih banyak pelanggan dapat menemukan Anda dengan mencari kata kunci tertentu. 

SHOPLINE Indonesia memungkinkan Anda memperbarui SEO untuk setiap halaman, kategori, dan produk, menjadikan pertumbuhan organik cukup mudah.

Iklan berbayar

Media berbayar adalah salah satu cara tercepat untuk mengarahkan lalu lintas. Juga, lalu lintas berbayar lebih mudah didapat daripada lalu lintas organik karena lalu lintas organik seperti SEO. Iklan Berbayar juga merupakan cara yang baik untuk menemukan potensial pelanggan.

Gunakan aplikasi, Advertising Data Reporting Assistant, untuk memastikan keakuratan semua data periklanan.

Email Marketing

Email Marketing sangat cocok untuk menjangkau pelanggan atau calon pelanggan Anda melalui daftar email Anda. Ini adalah cara yang efisien dan murah untuk menjaga pelanggan Anda tetap terhubung dan terus mengikuti toko Anda. 

Dengan Aplikasi SHOPLINE, SmartPush, Anda dapat mengambil dan mengelola langganan email, serta mengirimkan email dengan konten yang dapat di kostumisasi sesuai kemauan Anda. 

Influencer Marketing

Bekerja dengan influencer media sosial untuk mempromosikan Brand Anda. Anda dapat menggunakan Aplikasi SHOPLINE yaitu Affiliate Marketing untuk Brand Anda terintegrasi langsung dengan website.

Customer Loyalty Awards

Jika pelanggan anda menyukai produk Anda, Anda pasti ingin mereka membeli kembali dari toko Anda secara teratur. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan Member System dari SHOPLINE App Store untuk membuat tingkatan member, dan menawarkan diskon dan hadiah menarik untuk mendorong pembelian berulang.

Daftar uji coba gratis 14 hari untuk memulai.