Cara Sukses Menjual barang ke Luar Negeri

May 12, 2023
Cara Sukses Menjual barang ke Luar Negeri
  1. Gunakan e-commerce internasional
  2. Gunakan metode pembayaran lokal
  3. Layanan pelanggan yang konsisten
  4. Bekerja dengan tim hukum global
  5. Gunakan logistik global dan pengiriman internasional

Internet telah membuka peluang untuk bisnis online yang mau menjual barang ke luar negeri. – penjualan di luar batas domestik dapat menjadi strategi untuk memperluas pasar. 

Selain memperluas jangkau pasar, menjual barang ke luar negeri dapat menawarkan keuntungan yang signifikan bagi bisnis seperti mengurangi ketergantungan pada satu pasar yang mungkin rentan terhadap faktor eksternal seperti persaingan dan fluktuasi ekonomi. 

Yang terpenting, menjual barang ke luar negeri dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan dan profitabilitas untuk bisnis dari semua ukuran dan industri. Meskipun mungkin tidak banyak perbedaan mendasar antara platform ecommerce global dan lokal, masih ada tantangan yang mungkin dihadapi bisnis saat memperluas operasinya ke luar negeri. Tantangan ini dapat mencakup menavigasi persyaratan kepatuhan hukum dan peraturan serta mengelola logistik global. Pada artikel ini, kami akan memberi Anda strategi dan pertimbangan utama yang perlu diperhatikan jika bisnis Anda ingin menjual barang di luar negeri.

1. Menggunakan e-commerce atau marketplace internasional

Menggunakan situs e-commerce yang mendukung penjualan luar negeri mungkin merupakan strategi yang ideal untuk penjualan ke luar negeri dengan sukses. Ini karena bisnis dapat mengatasi banyak tantangan yang terkait dengan perdagangan ke luar negeri, dengan memanfaatkan basis pelanggan pasar yang ada, infrastruktur logistik, dan keahlian pasar. Selain itu, ini juga akan meningkatkan eksposur Brand Anda dan menjangkau audiens yang lebih luas. Ada banyak e-commerce yang menawarkan iklan dan promosi yang dapat membantu untuk menargetkan pelanggan Anda. Terlepas dari keuntungannya, penting bagi bisnis untuk mempertimbangkan dengan cermat risiko, biaya, dan persyaratan dalam proses penjualan. 

2. Menggunakan metode pembayaran lokal

Sama seperti di pasar domestik, memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa juga harus menjadi prioritas utama bagi bisnis yang beroperasi di ecommerce global. Layanan pelanggan sangat penting untuk mencapai kepuasan pelanggan, yang merupakan pendorong utama pembelian berulang. Dengan menyediakan opsi transaksi dan pembayaran yang dilokalkan, pelanggan dapat membeli produk atau layanan mereka dengan lebih mudah, memastikan pengalaman belanja online yang lancar. Selain itu, bisnis mengembangkan kepercayaan dan kredibilitas dengan pelanggan lokal ketika mereka menawarkan opsi transaksi dan pembayaran yang cocok bagi pelanggan domestik.

3. Layanan pelanggan yang konsisten

Ini sangat penting untuk kesuksesan dalam penjualan online ke luar negeri karena membantu mempertahankan loyalitas pelanggan. Ketika pelanggan datang kepada Anda dengan masalah produk atau layanan, penting untuk segera menyelesaikan masalah tersebut- untuk mencegah pelanggan menjadi merasa tidak puas. Ketika pelanggan merasa bahwa kebutuhan dan kekhawatiran mereka dihargai, mereka cenderung mengembangkan persepsi positif tentang bisnis dan produk atau layanannya. Hal ini dapat mengarah pada peningkatan loyalitas, pembelian berulang, dan ajakan word-of-mouth yang positif.  Pada saat yang sama, memberikan dukungan waktu nyata untuk pelanggan di berbagai zona waktu juga harus diperhitungkan. Layanan pelanggan yang konsisten memastikan pelanggan memiliki akses sepanjang waktu.‍

4. Bekerja dengan tim hukum global

Penting untuk mengetahui undang-undang dan peraturan di berbagai negara yang berkaitan dengan penjualan online, seperti perlindungan data, perlindungan konsumen, privasi, dan hak kekayaan intelektual. Sebelum memulai menjual barang ke luar negeri, bisnis harus bekerja sama dengan tim hukum global untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan hukum khusus negara. Kelalaian untuk mematuhi dapat mengakibatkan tindakan hukum, denda, dan kerusakan reputasi, yang dapat berdampak negatif terhadap keberhasilan usaha penjualan online di luar negeri. Berkat profesionalisme tim hukum global, bisnis dapat memperoleh wawasan berharga tentang undang-undang dan peraturan khusus di setiap negara, dan menjadi terbiasa dengan menavigasi lanskap hukum sambil memastikan kepatuhan terhadap aturan. Selain itu, bisnis juga harus mempekerjakan tim hukum untuk mempelajari cara menyusun transaksi, menetapkan kebijakan kepatuhan, dan menyusun kontrak.

5. Gunakan logistik global dan pengiriman internasional

Bisnis harus memprioritaskan logistik global dan pengiriman internasional saat menjual barang ke luar negeri karena pengiriman produk yang tepat waktu sangat penting untuk memenuhi harapan pelanggan. Dengan memprioritaskan pemenuhan pesanan dan memberikan pengalaman yang mulus bagi pelanggan, bisnis membangun kepercayaan dan loyalitas, memposisikan diri untuk kesuksesan jangka panjang di pasar global. Selain itu, disarankan untuk bekerja sama dengan penyedia logistik yang berpengalaman untuk mencapai efisiensi biaya. Ini dimungkinkan ketika bisnis merampingkan proses pengiriman dari saluran penjualan online yang berbeda. Perusahaan pelayaran memiliki keahlian dalam mengelola pengiriman internasional yang kompleks, serta menentukan opsi pengiriman yang paling hemat biaya.

Kami harap pedoman yang disebutkan di atas bermanfaat bagi bisnis Anda untuk menjual barang ke luar negeri. Kuncinya adalah memiliki pemahaman yang mendalam tentang target pasar dan cara untuk memastikan layanan pelanggan yang prima. SHOPLINE Indonesia memiliki layanan penjualan internasional yaitu SHOPLINE Market yang dapat membantu memasarkan bisnis Anda ke market global. Mulai uji coba gratis selama 14 hari sekarang!

Instagram @shoplineapp.id