PENTING! Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Buat Brand.com / Marketplace

December 5, 2022

Anda mungkin mempertimbangkan membangun Toko Online Anda sendiri, atau mungkin pernah mendengar bahwa lebih mudah untuk mendaftarkan produk Anda ke Marketplace seperti, Lazada Shopee, Tokopedia. Kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan pembuat keputusan pada akhirnya akan bergantung dengan Brand Anda. 

Tanyakan 5 pertanyaan dibawah ini untuk tahu lebih jelas platform mana yang cocok untuk Bisnis Anda;

1. Apa objektif bisnis Anda?

Apakah Anda ingin menjalankan Bisnis jangka panjang dan mengembangkan Brand? Jika iya, memiliki Brand.com akan sangat penting untuk memperkuat Branding Anda. Selain itu, hal ini dapat membantu Anda menghindari pesaing di pasar seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, dan dsb.

Namun, jika Anda ingin menjual produk secara online dengan waktu singkat, dan tidak ingin berinvestasi terlalu banyak di awal, Marketplace seperti Lazada, Shopee, atau Tokopedia mungkin sudah cukup. 

2. Berapa banyak waktu yang bisa kamu berikan ke bisnis Anda? 

Sebelum membuat Toko Online, pastikan Anda telah mempersiapkan diri untuk membuat cara marketing sendiri (seperti campaign dan diskon) sesuai kebutuhan konsumen dan Brand Anda. Salah satu keuntungan menggunakan marketplace adalah Brand Anda bisa mengikuti campaign dan diskon yang sudah diterapkan. 

Dengan Brand.com yang dibangun di SHOPLINE Indonesia dapat menghemat banyak waktu anda dari perancangan tampilan Toko Online, campaign dan diskon brand maupun produk.

3. Apakah Anda tahu cara desain sebuah Toko Online? 

Jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam desain web dan tidak punya banyak waktu untuk belajar, maka Brand.com bukan untuk Anda. Dengan Brand.com membutuhkan banyak pekerjaan manual, seperti desain etalase, penyiapan domain, sinkronisasi pembayaran & pengiriman, dan masih banyak lagi untuk Toko Online Anda. Jika belum mampu menangani ini, maka marketplace mungkin lebih cocok dengan Brand Anda. 

Namun dengan SHOPLINE Indonesia, bisa membantu Anda dengan menyediakan tema desain, pembelian domain, dan pembuatan E-commerce Website Anda dengan lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu. 

4. Siapa target Konsumen Anda?

Mengidentifikasi target konsumen Anda adalah kunci untuk membantu dalam memutuskan platform mana yang terbaik untuk Brand Anda. Jika target konsumen Anda anak sekolah remaja, memulai dengan Instagram mungkin merupakan ide yang bagus. Jika Anda memiliki target konsumen yang lebih luas dan menjual spesifik produk, memiliki Brand.com mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk lebih mengenal pelanggan Anda dan tinjau pesanan Anda dan cari pola perilaku konsumen. 

5. Berapa biayanya untuk membuat Toko Online?

Ini adalah pertanyaan yang sangat penting. Jika Anda tidak memiliki cukup anggaran untuk memulai bisnis, gunakan marketplace. Meskipun marketplace memiliki biaya awal yang murah, mereka akan membebankan biaya transaksi dan biaya iklan tambahan yang cukup tinggi  (2,5% - 15%).

Dengan brand.com tersedia platform langganan bulanan yang tidak memerlukan komitmen besar dimuka dan dapat meningkatkan penjualan brand Anda dengan fitur sesuai kebutuhan pelanggan. Serta dengan biaya transaksi yang lebih rendah (0% - 2%)

Instagram @shoplineapp.id

Setelah melihat pertanyaan diatas, Jadi Anda akan buat dengan Brand.com atau Marketplace?

Jika menurut Anda pembuatan brand.com tahunan dan bulanan adalah pilihan yang baik, Anda bisa coba gratis SHOPLINE Indonesia selama 14 hari.