4 Langkah Marketing SEO untuk meningkatkan traffic E-commerce Fashion Anda

May 3, 2023
4 Langkah Marketing SEO untuk meningkatkan traffic E-commerce Fashion Anda
4 Langkah Marketing SEO untuk meningkatkan traffic E-commerce Fashion Anda
  1. Riset kata kunci adalah penting untuk Fashion E-commerce demi meningkatkan SEO 
  2. Terus optimalkan judul dan deskripsi produk untuk lebih banyak mendapatkan traffic secara organik
  3. SEO adalah faktor penting dan tambahan yang bagus jika Anda sudah melakukan iklan berbayar seperti Google Shopping 
  4. SEM dan SEO adalah kata kunci yang dapat diandalkan, jadi kata kunci yang tepat akan meningkatkan kinerja website Anda

Kata kunci (Keywords) penting untuk SEO website Fashion Anda. Berikut adalah beberapa tip tentang penelitian kata kunci serta mengajari Anda trik untuk mengoptimalkan SEO website e-commerce Anda yang dapat membuat Brand Fashion Anda unggul dibandingkan pesaing.

Riset kata kunci sangat penting dalam hal SEO website Anda. Kata kunci ada disini, sehingga Search Engine (mesin telusur) mengetahui konten halaman tertentu. Jadi ketika pengguna mencari sesuatu yang serupa, website Anda akan muncul di pencarian. 

Seberapa baik pengoptimalan SEO Anda akan menentukan seberapa tinggi website Anda nantinya. Google dan mesin pencari lainnya memiliki formula dan algoritma yang menentukan peringkat, yang merupakan rahasia sukses jika Anda tahu cara kerjanya. 

Terlalu banyak toko e-commerce yang berfokus pada iklan berbayar seperti Facebook Ads, dan Google ads dan mengabaikan bahwa SEO dapat memberi Anda jumlah pencarian organik yang juga akan meningkatkan pendapatan Anda. 

Ini adalah artikel yang akankan memberikan Anda tips bermanfaat untuk meneliti dan menemukan kata kunci yang tepat, menggunakannya pada iklan, dan mengoptimalkan kata kunci untuk SEO.

Riset kata kunci untuk Fashion E-commerce 

Sebelumnya, tanyakan siapa target audiens Anda? Itu akan menentukan bagaimana Anda mencari kata kunci SEO. Apa yang Anda sediakan untuk mereka?

Misalnya, jika Anda menjual jeans denim, Anda harus melihat produk Anda, apa yang laris manis, dan apa yang ingin Anda promosikan. Jeans denim adalah kata dengan pencarian tertinggi, tetapi anda juga dapat masuk ke detail yang menemukan gaya atau kecocokan tertentu untuk menarik lebih banyak orang yang mencari jeans tertentu daripada hanya ‘jeans’. 

Fokus pada Demografi, kesesuaian, gaya, dan desain. Contohnya; High Waist Jeans, Jeans biru, jeans longgar untuk wanita, dll. Berikut adalah beberapa alat untuk menentukan kata kunci ini. 

Keyword Planner

Menggunakan Keyword Planner tempat Anda menempatkan iklan adalah salah satu alat terbaik untuk penelitian kata kunci. Contohnya: Google Keyword Planner yang kami gunakan. Tidak ada tempat yang lebih baik untuk melakukan penelitian selain Google sendiri. 

  1. Ketik kata kunci Anda ke Keyword Planner Google, misalnya ‘Jeans’
  2. Pilih negara yang ingin Anda targetkan dan juga link untuk melihat kata kunci dari link atau website tersebut
  3. Ketika hasilnya sudah muncul, fokus pada 2 baris; Monthly Searches dan Competition. Targetkan ke kata kunci yang memiliki low - medium competition dan memiliki jumlah pencarian yang solid (Sesuai industri)
  4. Salin dan tempel kata yang ingin Anda gunakan di Google dan lihat penelusuran serupa. Ini dapat digunakan untuk long-tail keywords. 
  5. Jika Anda ingin memeriksa bagaimana kinerja kata kunci ini, Anda juga dapat memeriksa kembali long-tail keywords di Google Planner Keyword. 

Long-tail keywords biasanya memiliki lebih sedikit lalu lintas tetapi lebih tepat dan memiliki nilai konversi lebih tinggi. Mereka berharga dan membantu Anda secara perlahan membangun lalu lintas / traffic ke satu link atau iklan – berguna untuk meraih pelanggan baru. 

Tidak apa-apa menggunakan kata kunci yang tidak memiliki banyak pencarian tapi memiliki trend naik yang sangat baik dibandingkan kata kunci yang banyak dicari tapi trend menurun dan sangat kompetitif. Dalam jangka panjang, ini akan lebih menguntungkan dan ramah anggaran. 

Google Trends

Google Trends adalah cara terbaik untuk memeriksa kata kunci yang sedang trend untuk toko e-commerce fashion Anda dan cara sempurna untuk memeriksa produk yang sedang trend. Ini juga merupakan referensi untuk membuat katalog atau blog untuk toko e-commerce Anda.

Anda juga bisa membandingkan beberapa jenis produk dalam suatu kategori. Contohnya; jeans biru, jeans longgar, jeans high waist.

Contoh lainnya; mini dress, midi dresses, bohemian dresses, Plus size dresses

Google Trends untuk Marketing SEOInstagram @shoplineapp.id

Setelah hasilnya muncul, Anda dapat melihat grafik tentang trend di setiap kata kuncinya dan pencarian serupa yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. 

Google Trends digunakan untuk memvalidasi kata kunci dan memberikan ide yang lebih baik dari kata kunci yang dipilih. Jadi, menggunakan akan maksimal jika menggunakan kedua Google keyword planner dan Google Trend. Selain itu, semua data berasal dari Google, bukan dari pihak ketiga. 

SEO Fashion E-commerce

Jadikan marketing SEO sebagai keunggulan Anda. Sebagian besar konsumen Fashion E-commerce menggunakan Facebook ads dan Google Shopping. Maka dengan menggunakan marketing SEO akan meningkatkan traffic website Anda. Namun, sangat penting untuk mendapatkan traffic secara organik jangka panjang. Ada baiknya Anda menjalankan iklan dan mengoptimalkan SEO Anda secara bersamaan; Anda bisa mendapatkan keseimbangan untuk traffic website Anda. 

Judul produk

Judul produk adalah elemen yang paling penting untuk produk Fashion E-commerce. Anda harus memiliki kata kunci dalam judul produk karena dapat membantu traffic secara organik. Misalnya, jika seseorang mencari Jeans biru di Google, produk Anda dapat muncul jika marketing SEO dilakukan dengan baik. Berada di halaman paling pertama dapat memberikan keajaiban bagi bisnis Anda dan menghasilkan lebih banyak pendapatan jauh dari yang Anda pikirkan. 

Berikut adalah rumus yang perlu Anda ikuti untuk deskripsi produk Anda:

Judul produk = A (Produk inti) + B (gaya) + C (SKU – Jika ada) + D (warna, elemen) + F (Detail lebih lanjut: Berat, Kapasitas, dll.)

Deskripsi

Kemungkinan besar, Anda sudah memiliki satu atau dua kata kunci yang paling relevan saat ini. Namun itu tidak cukup, akan jauh lebih baik jika Anda mempunya lebih banyak penelitian tentang kata kunci yang dapat Anda tambahkan di deskripsi. 

Untuk deskripsi, harus ada dua tujuan utama:

  1. Pastikan pelanggan Anda dapat memahami produk, ukuran, varian dll.
  2. Tambahkan kata kunci ke deskripsi Anda, sehingga situs Anda muncul saat orang menelusuri produk ini.

Kedengarannya sangat sederhana, tapi jika memiliki formula ini di semua deskripsi produk bisa sangat bermanfaat. Satu perubahan mungkin tidak cukup, tetapi upaya akumulatif dapat mengubah dan meningkatkan traffic produk Anda. 

Blog

Ketika penempatan kata kunci dijalankan dengan baik, peringkat Anda lebih tinggi dalam pencarian kata kunci. Menempatkan kata kunci yang tepat di tempat yang tempat adalah elemen dari SEO. Ingat saja konten adalah yang paling penting dan akan membuat pengunjung akan bertahan lama dalam website Anda. 

Penting untuk menambahkan kata kunci ke sinonim kata kunci ke judul Anda. Dalam Judul tertera headings dan subheadings yang memiliki makrup HTML yang berbeda dari teks lainnya. Karena hal itu, memiliki kata kunci Anda dalam judul dengan jelas dan ringkas akan meningkatkan kemampuan crawlability website Anda. 

Hal penting lainnya adalah memiliki link internal yang tersedia dalam konten. 

Misalnya, jangan menulis “klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut”; sebagai gantinya, gunakan kata kunci sebagai teks jangkar dan hyperlink ke halaman tertentu itu. Metode ini jauh lebih ramah mesin pencari dalam hal SEO. Search engine akan mengenali keyword, anchor text dan hyperlink.

Ingin langsung ke dalamnya? Kami sangat menyarankan menggunakan SHOPLINE untuk memulai website e-commerce Anda. Mudah digunakan, cocok untuk pemula, dan sangat terjangkau. Daftar uji coba gratis 14 hari untuk memulai.

Buka halaman blog SHOPLINE Indonesia untuk menemukan lebih banyak blog pendidikan