4 Cara Meningkatkan Penjualan Online Melalui Media Sosial

June 8, 2023
Sosial media Logo

4 Cara Meningkatkan Penjualan Online Melalui Media Sosial

  1. Menggunakan Hashtag
  2. Membuat halaman dan bergabung dalam grup
  3. Post konten buatan konsumen
  4. Influencer Marketing

Platform media sosial telah mengubah cara bisnis memasarkan produk dan layanan. Website e-commerce khususnya, mendapat manfaat dari platform ini karena merupakan cara yang hemat biaya untuk menjangkau audiens yang luas, meningkatkan penjualan, dan menghasilkan brand awareness. Artikel ini akan membahas berbagai cara meningkatkan penjualan berbasis online melalui media sosial.

1. Menggunakan Hashtag

Hashtag digunakan untuk mengkategorikan konten dan mengarahkan pengguna ke apa yang mereka cari, menjadikannya salah satu cara termudah untuk meningkatkan penjualan berbasis online dengan media sosial. Mereka tidak hanya dapat membantu meningkatkan visibilitas Brand Anda, tetapi juga mengarahkan calon pelanggan dan meningkatkan lalu lintas ke website e-commerce pada saat yang bersamaan. Selanjutnya, Hashtag yang relevan dapat menarik pelanggan baru yang tertarik pada produk serupa. Sebelum membuat hashtag Anda, lakukan penelitian tentang hashtag yang sedang tren, serta hashtag yang sangat relevan dengan bisnis dan media sosial Anda. Ini meningkatkan visibilitas post dan mendorong keterlibatan audiens target. Setelah itu, Anda dapat mendekati pelanggan yang sudah tertarik dengan produk atau layanan Anda, melalui penggunaan hashtag khusus untuk bisnis atau industri Anda. Menghasilkan lebih banyak likes, komentar, dan bagikan untuk meningkatkan brand awareness menjadi mudah dengan cara ini.

2. Membuat Halaman dan Bergabung dengan Grup

Platform media sosial memungkinkan Anda mengatur halaman bisnis Anda. Halaman ini dapat bertindak sebagai etalase digital untuk produk dan layanan Anda, selain berfungsi sebagai platform bagi Anda untuk memamerkan penawaran Anda, berbagi pembaruan, dan berinteraksi dengan pelanggan Anda. Selain membuat halaman, Anda juga dapat bergabung dengan grup yang relevan di platform media sosial untuk tetap terhubung dengan pelanggan potensial Anda. Ini memungkinkan Anda untuk berbagi informasi tentang produk dan layanan sesuai dengan target audiens Anda. 

3. Konten Buatan Pengguna

Konten buatan pengguna adalah konten yang dibuat oleh pelanggan Anda termasuk foto, video, ulasan, dan lainnya dengan menggunakan atau memamerkan produk Anda. Jenis konten ini sangat kuat karena dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak penjualan berbasis online dengan memberikan bukti sosial atas keandalan merek Anda. Ketika pelanggan yakin akan kredibilitas Anda, keraguan akan berkurang saat melakukan pembelian, yang pada akhirnya mengarah pada loyalitas pelanggan yang lebih besar. Selain itu, konten yang dibuat pengguna meningkatkan jangkauan audiens karena individu lebih cenderung mempercayai rekomendasi dari pengguna lain, dibandingkan dengan iklan.

4. Influencer Marketing

Influencer adalah individu dengan jumlah pengikut yang signifikan di media sosial, cukup kuat untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Dengan berkolaborasi dengan influencer yang memiliki audiens yang sesuai dengan target demografis Anda, meningkatkan kesadaran merek dan menemukan kelompok pelanggan baru menjadi lebih mudah. Misalnya, melibatkan influencer dalam penjualan langsung dapat menjadi cara yang efektif untuk membangun hubungan dengan audiens target Anda, dan membangun bukti sosial yang berharga untuk merek Anda.

Influencer MarketingInstagram @shoplineapp.id

Platform media sosial menawarkan peluang luar biasa bagi website e-commerce untuk mencapai tujuan penjualan mereka, penting untuk dicatat bahwa media ini terus berkembang. Dengan mengingat hal ini, tetap up-to-date dengan tren terkini dan praktik terbaik adalah suatu keharusan untuk memaksimalkan upaya pemasaran media sosial Anda.

SHOPLINE Indonesia dapat membantu Anda membuat website e-commerce terkemuka. Kami membantu bisnis membangun dan mengembangkan kehadiran online dan offline dengan menyediakan platform perdagangan terpadu yang komprehensif. Untuk pertanyaan lebih lanjut tentang layanan kami, jangan ragu untuk berbicara dengan konsultan kami. 

Coba gratis 14 hari sekarang!